Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Jumat, 06 Juli 2018

Tata Cara Bertaubat Dari Dosa

Manusia merupakan salah satu Makhluk Allah yang sempurna. Kenapa dikatakan sempurna, karena Allah menganugrahkan akal fikiran kepada Manusia, yang dengan akal itu manusia bisa berkreasi sebaik mungkin. Namun sering kali, akal yang diberikan Allah itu manusia salah gunakan, sehingga dengan akal itu ia merugikan bahkan bisa jadi merusak makhluk lainnya. Nah.disitulan kenapa Rosulullah menyebut bahwa manusia itu tempatnya salah dan lupa.
Tata Cara Bertaubat Dari Dosa

Tidak ada satupun manusia yang terlepas dari yang namanya kesalahan, sehingga Allah pun memberikan fasilitas agar kesalahan kesalahan itu dihapuskan. Ibarat kita sedang menulis disebuah kertas, maka ketika tulisannya salah tinggal dihapus dengan penghapus atau tipex (mbuh tulisane pie hehe). Begitu juga dosa yang kita lakukan, pun juga ada fasilitas untuk menghapusnya, yaitu taubat.
Ada beberapa cara untuk bertaubat dari dosa dosa

1. Jika dosa itu berkaitan dengan manusia, misalnya kita menyakiti orang lain. Maka langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu kita harus minta maaf dulu kepada orang yang telah kita sakiti, kemudian minta maaf kepada Allah dengan mengakui kesalahannya, lalu bejanji tidak akan mengulangi kesalahan itu, dan kemudian menggantinya dengan amal amal yang baik.

2. Jika dosa itu berhubungan langsung kepada Allah, misalnya kita tidak melaksanakan solat. Tentu langkah pernama yang harus kita lakukan yaitu kita harus menyadari bahwa itu merupakan sebuah kesalahan, kemudian mengganti solat solat yang kita tinggal itu, kemudian berjanji dengan skuat tenaga untuk tidak meninggalkan solat, kemudian menggantinya dengan kebaikan kebaikan lainnya.  

0 komentar:

Posting Komentar