Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Jumat, 06 Juli 2018

Hikmah puasa Romadhon

Sebulan penuh umat islam diwajibkan untuk melaksanakan puasa romadhon. Walaupun merasa lapar atau pun dahaga, sebagian besar mereka pun tetap tenang melaksanakannya. Namun hakikat dari puasa sendiri itu tidak hanya bagaimana kita bias menahan laper dan dahaga, tetapi agar kita mampu menjaga setiap hawa nafsu. Contohnya hawa nafsu bersenggama, nafsu berjudi, dan sebagainya.
Hikmah puasa Romadhon

Sebagai muslim yang sudah berumur dewasa, tentu kita sudah melampaui beberapa romadhon sebelumnya, mungkin ada yang 10 kali, 15 kali, 20 kali, 25, 30, 40, 50 bahkan ada juga yang sudah sampai 60an kali bertemu dengan romadhon. Bulan romadhon sendiri salah satunya disebut dengan bulan tarbiyyah, yaitu bulan pembelajaran kepada umat islam. Kenapa pembelajaran?. Karena di dalam bulan tersebut dianjurkan memperbanyak segala amal kebaikan, dan Allah akan melipatgandakan pahalanya lebih dari bulan bulan biasanya. Selain itu, sebulan penuh umat islam juga digembleng untuk menawan hawa nafsunya, sehingga diharapkan pasca romadhon mereka akan menjadi hamba hamba yang bertakwa kepada Allah taala.

Sering kali ada pertanyaan kepada kita. Berkali kali kita sudah menjadi alumni romadhon, apakah kita sudah menjadi lebih baik dari sebelumnya atau belum?. Indikator keberhasilan puasa kita yaitu bagaimana kita bias mempertahankan amalan amalan baik yang kita kerjakan di romadhon, dan bagaimana kita bisa menahan hawa nafsu buruk kita di pasca romadhon.

Terakhir, kita berdoa semoga Allah masih memperkenankan kita berjumpa di romadhon romadhon berikutnya, dan terus diberikan kekuatan, semangan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah, dengan memperbanyak amalan amalan wajib dan sunnah.

0 komentar:

Posting Komentar