Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Seminar Layanan Prima di UAD

oleh Dr. Muhammad Sulhan,SIP.,M.Si. dan Drs. Tedi Setiadi,M.T.

Munas di solo

Foto bareng pemateri

Sabtu, 07 Juli 2018

Bersedekahlah Walau Pada Saat Sempit

Ada beberapa orang yang bilang, "aku nggak bisa sedekah, karena lagi nggak punya uang". Kata ngak punya uang di situ bukan berati sama sekali nggak punya uang. Namun keadaan dimana kita hanya mempunyai uang yang sangat sedikit, sehingga kadang kala jika kita dalam kondisi seperti itu kita merasa eman untuk bersedekah. Karena ia menganggap jika ia bersedekah maka ia nggak akan bisa makan lagi, nggak akan bisa belanja lagi, dan seterusnya.
Bersedekahlah Walau Pada Saat Sempit

Anggapan seperti itu bukanlah anggapan yang benar, karena jelas jelas Rosulullah menyuruh kita bersedekah disaat kita dalam kondisi lapang dan sempit. Jika Rosulullah menyuruh sesuatu maka pasti akan ada kebaikan kebaikan yang datang jika kita melaksanakannya. 

Suatu ketika bahkan Rosulpun berkata kepada para sahabatnya "Ma naqoso min shodaqotin,bal yazdadi balyazdadu, bal yazdadu. Artinya tidak berkurang sedikitpun harta yang disedekahkan di jalan Allah, melainkan akan bertambah, akan bertambah dan akan bertambah. Begitu kata Rosul.

Rosulullah menjelaskan bahwa sesuatu yang disedekahkan itu tidak akan berkurang sedikitpun, melainkan harta tersebut akan bertambah, bertambah, dan bertambah. Disitu Rosulullah sampai 3 kali, bertanda bahwa sedekah memang akan membuat kita semakin kaya, bukan sebaliknya. Kaya di dunia dan kayak di surga.

Tentu ketika kita sudah tahu hal tersebut, maka insya Allah kita tidak akan lagi merasa eman untuk menyedekahkan harta kita, karena itulah satu satunya harta kita yang sebenarnya, yaitu harta yang kita sedekahkan.

Cara Mendidik Anak di Usia Dini

Cara Mendidik Anak di Usia DiniAnak merupakan investasi akhirat. Kenapa investasi?, iya karena merekalah salah satu yang kita harapkan ketika kita nanti telah menghadap Allah SWT. Ketika mereka melakukan amal kebaikan maka kita pun pasti alan dapat kiriman kenikmatan sebab amal yang diperbuat tersebut. Namun sebaliknya, ketika mereka justru melakukan hal hal yang dilarang Allah, maka boleh jadi Allah akan mengirimkan siksa kepada kita sebab dulu waktu di dunia, kita tidak mampu mengajarkan kepada Anak tersebut.

Ketika kita tahu bahwa mereka adalah investasi yang berharga, maka tentu kita akan mendidiknya dengan sangat berhati hati. Lalu bagaimana cara mendidik anak sejak usia dini?. Pendidikan itu dimulaui sejak mereka di dalam kandungan, kita bisa memulai mengajarkan anak tersebut dengan cara memperdengarkan bacaan Al-Qur`an, kemudian kita ajak bicara dengannya sehingga ketika dia lahir dia sudah ada memori meori yang di dengarkan pada saat ia berada di dalam kandungan, untuk itu perdengarkan lah mereka dengan suara suara yang positif.

Selain itu ajaklah ia ke tempat tempat yang baik. Misalnya ke mesjiid. Dengan begitu ketika ia telah lahir ia sudah terbiasa datang ke mesjid. Lalu setelah ia lahir, cobalah kalian adzani. Kenapa adzan?. ya, biar pertama kali ia lahir ia langsung mendengarkan seruan Allah, sehingga ketika ia sudah besar, dan bahkan beranjak dewasa ia senantiasa bergegas pada saat mendengar seruan dari Aallah SWT.

Lalu, pada saat ia balita terus dan terus perdengarkan ia dengan lantunan Al-Quran, biar ayat ayat tersebut terekam dalam memori otaknya, sehingga bisa jadi ketika ia beranjak besar dan ia mulai menghafal Al-Qur`an maka proses menghafal tersebut akan menjadi lebih mudah.

Tata Cara Mandi Besar dan Kecil

Baabul ghusli, yaitu bab yang menjelaskan tentang mandi. Ada beberapa hal hang mewajibkan untuk mandi, yaitu

1. Jinabat, timbulnya jinabat itu dikarenakan keluarnya seperma atau melakukan senggama antara laki laki dan perempuan.
Ketika orang sedang jinabat, maka haram melakukan beberapa hal, yaitu melakukan solat, sujud, membawa dan membaca mushaf al quran, khutbah jumat, thowaf, iktikaf di masjid.
2. Meninggal. Dalam islam orang yang meninggal itu mempunyai 4 hak, yaitu dimandikan, dikafani, disolatkan,  dan dikuburkan.
Tata Cara Mandi Besar dan Kecil
3. haid
4. Nifas
5. Beranak
6. Badan yang terkena najis.

Dalam melakukan mandi, ada beberapa hal yang harus dilakukan :
1. Niyat.
2. Membasuh seluruh tubuh dengan air.

Sedangkan sunnah sunnah mandi, itu ada beberapa hal, yaitu:
1.  Membaca basmalah
2. Menghikangkan kotoran
3.  Berwudhu sebelum melakukan mandi
4. Membasuh badan secara berulang ulang
5.  Mengusap sela sela jari tangan dan kaki
6.  Memulai membasuh dari badan sebelah kanan
7. Memualai membasuh badan bagian atas
8.  kosoan
9. Menghadap kiblat
10. ditempat yang nggak terkena cipratan air
11. Menuupi aurot
12. Menaruh wadah air yang lebar disebalah kanan angotan badan, sedangkan menaruh wadah air yang sempit disebelah kiri badan
13. Membaca syahadat setelah melakukan mandi

Jenis jenis mandi sunnah

Ada beberapa mandi yang tergolong sebagai mandi sunnah, yaitu mandi ketika hendak pergi jumatan, mandi ketika hendak melakukan sholat istisqo, solat gerhana bulan dan mata hari, dan mandi karena hendak melaksanakan sholat ied, serta mandi dikarenakan hendak masuk agama islam.

Jumat, 06 Juli 2018

Ridhoilah setiap langkah anakmu

Kemarin saya membaca sebuah tulisan, entah tulisannya siapa saya lupa. Tulisan itu menjelaskan tentang bagaimana ketika anak anak itu tergolong sebagai anak yang nakal, bisa jadi ia akan cenderung akan melunjak kenakalannya itu. Namun bagi mereka yang tergolong sebagai anak yang baik, mereka akan cenderung menjadi pribadi pribadi yang lebih baik. Pertanyaannya adalah kenapa bisa seperti itu?.
Ridhoilah setiap langkah anakmu

Dia menjelaskan bahwa salah satu faktornya terletak pada ridho yang diberikan oleh orang tua. Ketika anak menjadi anak yang nakal, kebanyakan orang tua akan murka kepada anaknya, sehingga Allah pun ikut murka kepada anak itu, otomatis ketika seorang anak dimurkai oleh orang tuanya dan dimurkai oleh Allah, maka jadilah ia menjadi pribadi yang lebih nakal lagi.

Sebaliknya, anak yang berbuat baik, maka semua orang tua akan berbahagia, meridhoinya, sehingga Allah juga akan ridho terhadap anak tersbut, maka jadilah anak tersebut menjadi anak yang lebih baik lagi. Kenapa seperti itu?. Karena jelas Nabi mengatakan bahwa ridhonya Allah itu terletak pada ridhonya orang tuanya ke anak, sebaliknya. Murkanya Allah itu terletak pada murkanya orang tua ke anaknya

Bekal menuju akhirat

Banyak sekali bekal yang bisa kita bawa di akhirat nanti, salah satunya yaiu sholat. Selain itu ada juga bekal yang terus mengalir, walaupun kita sudah mati. Apa bekal itu?. Pertama yaitu amal jariyah. Yaitu uang yang telah kita sedekahkan untuk keperluan umum. Misalnya untuk membangun masjid, membangun wc umum, membangun sekolah, dan sebaginya. Setelah kita mati nanti selagi tempat tempat itu masih digunakan maka orang yang sedekah itu masih tetap mendapatkan pahala yang mengalir.
Bekal menuju akhirat


Selain itu ketika kita bersedekah kepada anak anak yatim, kemudian dengan uang kita itu mereka gunakan untuk beli peralatan sekolah atau digunakan untuk membayar SPP sekolah, maka ketika mereka sudah menjadi pintar dan memanfaatkan ilmunya itu untuk kebaikan orang lain, maka kita yang sudah mati pun akan dapat kiriman pahala.

Lalu yang kedua yaitu ilmu yang bermanfaat. Apa indikasi ilmu yang bermanfaat itu?. Yaitu ketika ilmu yang kita miliki mampu kita ajarkan kepada orang lain, sekudian orang lan dengan ilmu yang kita ajarkan itu terus mengajarkan kepada orang lain juga, seterusnya dan seterusnya. Indikasi lain, ilmu yang bermanfaat yaitu ketika dengan ilmu yang kita miliki itu bisa memberikan kemudahan bagi orang lain. Misalnya kita menemukan alat, yang alat itu bisa digunakan oleh orang banyak. Dsb.

Kemudian yang ke tiga, yaitu ketika memiliki anak anak yang sholeh dan sholehah. Salah satu indikasi anak anak yang sholeh yaitu anak yang selalu mendoakan orang tuanya, kapanpun dan dimanapun mereka berada, sehingga ketika orang tua mereka sudah meninggal, maka mereka masih mendoakan orang tua tersebut.

Hikamah kematian

Hadirin yang dirahmati Allah. Betapa banyaknya saudara kita yang saat ini telah dipanggil oleh Allah SWT, namun Alhamdulillah sampai dengan detik ini Allah masih memberikan kita umur yang panjang. Untuk itu wajib bagi kita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.
Hikamah kematian


Hari ini kita yang masih bisa bersilaturahim, masih bisa ngobrol bareng, masih bis amakan bareng. Namun tidak ada yang tahu, tidak ada yang menjamin bahwa besok kita akan bisa seperti ini lagi. Bisa jadi nanti, besok, atau lusa Allah sudah memanggil kita. Karena kapan dan dimana Allah memanggil merupakan rahasia Allah.

Sebagai manusia, yang bisa kita lakukan yaitu bersiap siap dan memperbanyak tabungan atau bekal kita untuk menuju akhirat. Kenapa?. Karena di akhirat nanti kita akan hidup sela lamanya. Kata Allah kholidina fiha Abadan. Dijelaskan bahwa satu hari diakhirat sama halnya seribu tahun ketika di dunia. Padahal di dunia kita hidup nggak ada 1000 tahun, paling Cuma 60an tahun kata Nabi. Sehingga umur yang singkat ini sangat rugi jika nggak kita manfaatkan dengan baik.

Apa bekal yang bisa kita bawa?. Pertama yaitu bekal sholat. Sholat merupakan satu satunya amal yang akan dihitung pertama kali. Jika sholat kita bagus, insya Allah amal lainnya pun akan menjadi bagus. Namun sebaliknya, jika sholat kita berantakan,jarang jarang, maka amal lain pun akan mengikuti. Bahkan saking pentingnya sholat, umat islam diwajibkan sholat walaupun dalam kondisi sakit sekalipun.

Menikahlah walaupun belum punya uang

Nikah merupakan salah satu sunnah rosul yang sanagt luar biasa. Bahkan sampe Rosul berkata “Annikahu sunnati, faman roghiba an sunnati falaisa minni” artinya Nikah itu adalah sunnahku, barang siapa yang tidak menyukai sunnahku maka bukan termasuk ummatku.
Menikahlah walaupun belum punya uang

Namun sebagian orang, menikah tu bukanlah sesuatu yang mudah. Karena saat ini rukun nikah tidak hanya rukun yang dijelaskan dalam hadits, yaitu ada mempelai wanita, ada ijab kobul, ada mahar, ada wali bagi wanita. Tidak, tidak hanya itu. Sekarang ini rukun nikah ditambah lagi menjadi ada resepsi. Dan inilah yang memberatkan sebenarnya. Berat dibuat buat sendiri. Padahal sebenarnya Allah sudah memberikan keringanan yang luarbiasa. Berupa syarat syarat yang sebenarnnya tidak memerlukaj biaya yang banyak.

Dulu zaman nabi, pernah ada suatu cerita bahwa ada salah satu sahabat yang sangat miskin. Ia ingin menikah namun tidak punya uang untuk digunakan membelikan mahar kepada calon istrinya itu. Kemudian nabi menyuruhnya untuk memberikan mahar berupa bacaan Al-Qur`an. Nah. Itulah kemudahan kemudahan yang diberikan Allah sebenarnya, tapi sekarang ini manusia membuatnya menjadi berat sendiri. Sehingga banyak yang belum berani nikah hanya karena biaya pernikahan itu sendiri, padahal sebenernya sudah punya pasangan.

Kenapa bisa seperti itu disebabkan karena gengsi yang terlalu gede, ia melihat bahwa budaya atau kebiasaan yang ada di tempatnya seperti itu sehingga mau nggak mau ia harus meniru seperti itu juga.

Kisah Keajaiban sholawat ke tiga

Waktu itu saya sudah lulus kuliah S1. Malu dong setelah lulus kuliah masih minta uang saku ke orang tua. Berhubung waktu itu saya belum bekerja, maka tak jarang saya pun makan sehari sekali, bahkan pernah juga makan 2 hari sekali, karena saking bener bener tidak punya uang. Ngelamar kerja ke sana kemari belum ada panggilan. Sekali dapat paggilan ternyata gajinya sebulan 250 ribu. Tentu saya tolak, karena uang 250rb hanya cukup untuk bayar kosan saja. Belum biaya bensin, biaya pulsa, biaya makan, dan sebagainya.
Kisah Keajaiban sholawat ke tiga

Berhari hari saya pun merasa kemut kemut. Setelah berkali kali menempuh jalan dunia, dengan ngelamar kerja kesana kemari, akhirnya saya bosan. Dan akhirnya saya menempuh jalan riyadhoh. Setiap hari yang saya kerjakan tidak lain hanya duduk dikosan, sambil bersholawat mohon benar2 agar dikasih kerjaan. 2 minggu saya lakukan itu, akhirnya saya ketrima kerja di UMY.

Ketrima kerja kan biasa. Mungkin kalian akan berkata seperti itu. Tidak ini tidak biasa. Dalam sarat penerimaan kerja itu tertuliskan pelamar harus punya kartu muhammadiyah, sedangkan saya nggak punya, aktif di muhammadiyah, boro boro aktif saya waktu itu pun nggak tau bagaimana sepak terjang dan perjuangan muhammadiyah. Karena memang saya dilahirkan dan disekelohkan di lingkungan NU, sehingga nggak tau apa apa tentang muhammadiyah. Kemudian pada saat tes wawancara, saya pun ditanya seputar tokoh tokoh muhammadiyah, tentu saya tidak mengetahui, karena memang tidak pernah belajar dan membaca tentang itu.

Tapi alhamdulilah berkat riyadhoh, alhamdulilah saya diterima walaupun jauh dari yang disyaratkan oleh UMY.

Kisah keajaiban sholawat ke dua

Kisah keajaiban sholawat ke duaSubuh subuh saya disuruh oleh teman saya untuk mengantarkan ke bandara. Karena ia punya motor baru, ia pun menyuruh saya untuk pake motor tersebut. Setelah saya disuruh nyetir, saya merasakan motor tersebut sangat enak sekali untuk dikendarai, beda jauh dengan motor butut saya, tp tetep alhamdulilah lah, masih dikasih motor.

Sambil saya menegndarai motor itu, saya elus spido meternya dalam hati sambil membaca sholawat, berdoa agar Allah kasih motor yang sama. Singkat cerita, setahun kemudian Alhamdulillah tanpa meminta, saya dibelikan motor oleh orang tua saya sama seperti motor yang saya sholawati itu.

Keutamaan membaca sholawat Nabi

Bacaan sholawat itu luar biasa, bahkan kata cak nun, Allah memerintahkan sholat kepada kita sebagai wujud ibadah kepadaNya, sehingga mustahil sekali Allah melaksanakan sholat kepada diriNya sendiri. Allah juga memerintahkan haji, sehingga Allah pun mustahil melaksanakan haji kepada diriNya sendiri. Namun ketika Allah memerintahkan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad, maka Allah pun juga ikut membaca sholawat kepada beliau.
Keutamaan membaca sholawat Nabi

Dalam AlQuran ada salah satu ayat yang berbuyi “Innallaha wamalaikatahu yusholluna alan nabi, ya ayyuhalladzina amanu shollu wasallimu taslima”. Inti dari ayat itu, Allah dan malaikatnya bersholawat kepada Nabi, kemudian Allah memerintahkan kepada orang orang yang beriman agar juga bersholawat kepad Rosul.

Ada sedikit crita mengenai keajaiban sholawat ini. Jadi saya hidup di jogja itu sudah hamper 6 tahunan nggak punya SIM, bahkan waktu itu STNK sepeda motor saya pun hilang, sehingga kemana mana saya bersepeda walaupun di kota besar, saya nggak bawa STNK dan SIM. (Jangan ditiru ya). Namun meskipun saya nggak pegang ke dua surat itu, saya hamper hamapir selalu membaca sholawat setiap mau bepergian.

Disuatu ketika, tidba tiba ditengah perjalanan sedang ada cegatan bagi pelaku pelaku yang melanggar lalu lintas, termasuk saya karena nggak bawa SIM dan STNK. Seketika itu saya poun panik, takut kalo kena tilang. Namun kemudian saya meyakinkan diri, bismillah dan baca sholawat dengan penuh keyakinan. Apa yang terjadi?. Saya lolos, sama sekali tidak ditilang. Ajaib kan?, iya, tapi jangan ditiru ya heheh, keajaiban itu tidak saya alami sekali saja, bahkan beberapa kali saya bepergian tanpa bawa SIM dan STNK pun saya lolos dengan membawa Sholawat

Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar

Ada kisah menarik yang saya alami. Waktu itu malem malem istri saya minta diajak jalan jalan keesokan harinya. Lalu saya bilang kalo kita lagi nggak punya duit, waktu itu kita hanya punya duit 50ribu, sehingga saya bilang uangnya nggak cukup kalo digunakan untuk jalan jalan. Namun karena istri saya memaksa, akhirnya saya bilang ke dia, menyuruh dia untuk membaca sayyidul istighfar sambil berharap ada rizki yang datang.
Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar

Tidak ada 5 menit kemudian, tiba tiba ada sms banking masuk, trasveran masuk, padahal tidak ada yang konfirmasi. Kemudian 10 menit berikutnya ada yang inbox fb saya, mau beli akun adsense, subhanallah…. Dan kita masih bertanya Tanya siapa gerangan yang transver tadi, saya Tanya ke orang yang inbox fb, ternyata bukan dia.

Kesokan harinya, tiba tiba ada yang inbox, konfirmasi bahwa semalem ia telah transver ke rekeing istri saya, namun lupa konfirmasi. Subhanallah, luar biasa sekali keajaiban sayyidul istighfar. Tidak hanya itu saja. Suatu ketika pagi pagi ada temen yang WA, dia mau pinjem uang. Waktu itu, saya pun lagi g ada uang. Lalu saya bilang ke dia, “sek yo mengko nek Akunku payu, tak utangi”. Luar biasa lagi, tidak ada 10 menit kemudian tiba tiba kembali ada yang inbox fb saya, mau membeli akun.

Saya yakin tidak hanya saya yang merasakan keajaiban sayyidul istigfar itu, temen2 pun jika mrutin membacanya akan mengalami hal yang sama, bahkan lebih. Karna Allah sendiri pun sudah menjaminnya bahwa baranag siapa yang merutinkan membaca istighfar, maka Allah akan mempermudah semua urusannya.

Tata Cara Bertaubat Dari Dosa

Manusia merupakan salah satu Makhluk Allah yang sempurna. Kenapa dikatakan sempurna, karena Allah menganugrahkan akal fikiran kepada Manusia, yang dengan akal itu manusia bisa berkreasi sebaik mungkin. Namun sering kali, akal yang diberikan Allah itu manusia salah gunakan, sehingga dengan akal itu ia merugikan bahkan bisa jadi merusak makhluk lainnya. Nah.disitulan kenapa Rosulullah menyebut bahwa manusia itu tempatnya salah dan lupa.
Tata Cara Bertaubat Dari Dosa

Tidak ada satupun manusia yang terlepas dari yang namanya kesalahan, sehingga Allah pun memberikan fasilitas agar kesalahan kesalahan itu dihapuskan. Ibarat kita sedang menulis disebuah kertas, maka ketika tulisannya salah tinggal dihapus dengan penghapus atau tipex (mbuh tulisane pie hehe). Begitu juga dosa yang kita lakukan, pun juga ada fasilitas untuk menghapusnya, yaitu taubat.
Ada beberapa cara untuk bertaubat dari dosa dosa

1. Jika dosa itu berkaitan dengan manusia, misalnya kita menyakiti orang lain. Maka langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu kita harus minta maaf dulu kepada orang yang telah kita sakiti, kemudian minta maaf kepada Allah dengan mengakui kesalahannya, lalu bejanji tidak akan mengulangi kesalahan itu, dan kemudian menggantinya dengan amal amal yang baik.

2. Jika dosa itu berhubungan langsung kepada Allah, misalnya kita tidak melaksanakan solat. Tentu langkah pernama yang harus kita lakukan yaitu kita harus menyadari bahwa itu merupakan sebuah kesalahan, kemudian mengganti solat solat yang kita tinggal itu, kemudian berjanji dengan skuat tenaga untuk tidak meninggalkan solat, kemudian menggantinya dengan kebaikan kebaikan lainnya.  

Surga di telapak kaki ibu

Sebagai umat islam, kita tentu sering sekali mendengar kalimat “surge itu ditelapak kaki ibu”. Maksudnya bagaimana?. Jadi gini, ketika kita mampu berbakti kepada orang tua, khususnya kepada ibu, maka Allah akan membalas surga epada kita semua. Dulu pada zaman Rosulullah, pernah ada salah seorang sahabat yang bertanya kepada beliau, intinya gini : wahai Rosul, siapakah orang yang harus aku hormati terlebih dulu. Kemudian Rosul menjawab ibumu. Lalu sahabat kembali bertanya. “kemudian siapa lagi wahai Rosul”. Ibumu, sabat itu pun kembali bertana dengan pertanyaan yang sama, namun Rosulpun tetap menjawab dengan jawaban yang sama pula, yaitu ibumu. Baru kemudian pertanyyan yang ke empat, Rosul menjawab bahwa setelah ibu, kita harus menghormati ayah.
Surga di telapak kaki ibu

Dari situ bisa jadi muncul pertanyaan besar buat kita semua. Loh kenapa kok ibu lebih utama dari sang ayah, bahkan Rosul sampai menyebutnya 3x?. Gini ya.. dulu pada saat saya masih jomblo, saya pun berfikiran seperti itu, namun setelah saya menikah, dan istri saya mulai hamil, saya baru tau ternyata pengorbanan seornag ibu itu sangat luar biasa.

Pertama kali seorang ibu mengalami kehamilan, ia merasakan mual yang sangat luar biasa, lalu 3 bulan awal kehamilan rasa mual pun tetap ada, bahkan ketika ia makan selalu muntah, sampai sampai tidak ada makan yang masuk ke dalam tubuhnya, karena setiap kali makan pasti dimuntahkan lagi. Sehinga tubuhnya menjadi kurus keronta.

Kemudian setelah berusia 3 bulan lebih, ia sudha merasa berat mengandung seorang anak, namun rasa berat itu kalah dengan rasa bahagia yang luar biasa, sehingga meskipun berat, hari hari pun ia lalui dengan penuh semangat. Memasuki kehamilan 5bulanan, tubuh semakin berat, tidur pun susah, kadang terlentang capek, miring juga capek, aaahh, serba capek. Tapi itulah perjuangan seorang ibu. Belum lagi nanti ketika anaknya lahir, ia harus menyusuhi, mengurus anaknya dan sebagainya.

Hikmah puasa Romadhon

Sebulan penuh umat islam diwajibkan untuk melaksanakan puasa romadhon. Walaupun merasa lapar atau pun dahaga, sebagian besar mereka pun tetap tenang melaksanakannya. Namun hakikat dari puasa sendiri itu tidak hanya bagaimana kita bias menahan laper dan dahaga, tetapi agar kita mampu menjaga setiap hawa nafsu. Contohnya hawa nafsu bersenggama, nafsu berjudi, dan sebagainya.
Hikmah puasa Romadhon

Sebagai muslim yang sudah berumur dewasa, tentu kita sudah melampaui beberapa romadhon sebelumnya, mungkin ada yang 10 kali, 15 kali, 20 kali, 25, 30, 40, 50 bahkan ada juga yang sudah sampai 60an kali bertemu dengan romadhon. Bulan romadhon sendiri salah satunya disebut dengan bulan tarbiyyah, yaitu bulan pembelajaran kepada umat islam. Kenapa pembelajaran?. Karena di dalam bulan tersebut dianjurkan memperbanyak segala amal kebaikan, dan Allah akan melipatgandakan pahalanya lebih dari bulan bulan biasanya. Selain itu, sebulan penuh umat islam juga digembleng untuk menawan hawa nafsunya, sehingga diharapkan pasca romadhon mereka akan menjadi hamba hamba yang bertakwa kepada Allah taala.

Sering kali ada pertanyaan kepada kita. Berkali kali kita sudah menjadi alumni romadhon, apakah kita sudah menjadi lebih baik dari sebelumnya atau belum?. Indikator keberhasilan puasa kita yaitu bagaimana kita bias mempertahankan amalan amalan baik yang kita kerjakan di romadhon, dan bagaimana kita bisa menahan hawa nafsu buruk kita di pasca romadhon.

Terakhir, kita berdoa semoga Allah masih memperkenankan kita berjumpa di romadhon romadhon berikutnya, dan terus diberikan kekuatan, semangan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah, dengan memperbanyak amalan amalan wajib dan sunnah.